December 2019

Ketahui seberapa bahayanya penyakit degenerasi makula terhadap sipenderita.

 “dilansir dari laman Hellosehat” Penyakit degenerasi makula adalah penyakit yang umumnya menyerang penderita berusia lanjut dari 60 tahun. Selain itu perempuan juga memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit tersebut. kita dapat mengurangi kemungkinan yang akan terjadi pada kondisi ini apabila menghindari beberapa faktor yang akan berisiko. Sepertihalnya merokok yang dapat memengaruhi Penyakit degenerasi makula dan riwayat keluarga yang juga punya masalah degenerasi makula atau faktor genetik, Obesitas. Namun, tidak adanya risiko bukan berarti kita bebas dari kemungkinan terpapar gangguan. Ciri dan gejala yang dituliskan hanya untuk referensi pengetahuan supaya bisa berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.  Degenerasi makula biasanya terjadi pada orang lanjut usia, dan memiliki dua jenis: degenerasi makula kering dan degenerasi makula basah. Penyakit degenerasi makula adalah gangguan mata terkait usia yang memengaruhi kemampuan untuk melihat sehingga dapat menjadi penyebab utama dari kebutaan.

Ada beberapa penyebab Degenerasi Makula yang hampir seluruh penderita penyakit tersebut  berusia di atas 60 tahun, dan lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan laki-laki. Selain faktor usia, terdapat juga beberapa faktor lain yang membuat seseorang berisiko besar terhadap penyakit tersebut, diantaranya adalah:

  • Hipertensi
  • Terdapat anggota keluarga penderita degenerasi makula
  • Etnis Kaukasia
  • Kebiasaan merokok
  • Obesitas
  • Sering terpapar sinar matahari

Degenerasi makula merupakan penyakit progresif yang kondisinya dapat memburuk seiring waktu merupakan maksud dari penyakit degenerasi makula itu sendiri. Gejala utama dari penyakit ini adalah terjadinya penurunan kemampuan penglihatan penderita, terutama bagian tengah ruang pandang. Munculnya garis-garis dalam penglihatan dan penglihatan menjadi buram adalah penurunan kemampuan penglihatan yang mengakibatkan. penderita penyakit tersebut sulit untuk mengenali wajah seseorang. Sulit melihat di ruangan atau tempat dengan cahaya redup termasuk hal yang akan dirasakan oleh sipenderita. Gejala awal akan berkembang lambat sebelum menjadi keluhan yang parah, yaitu membutuhkan waktu 5-10 tahun. Saat degenerasi makula (age-related macular degeneration) berkembang lebih lanjut, penderita dapat mengalami 2 jenis gejala yang berbeda sehingga mengakibatkan kerusakan yang terjadi pada salah satu mata, yaitu gejala degenerasi makula basah yang berkemabang lebih cepat. Dan makula kering sebaliknya dari makula basah. Oleh karenanya, pemeriksaan secara rutin terhadap mata sangat dianjurkan. Pemeriksaan mata secara berkala ke dokter mata perlu dilakukan walaupun tidak terdapat keluhan pada mata dan penglihatan. Pemeriksaan dianjurkan 2 tahun sekali bagi orang yang berusia di bawah 40 tahun dan 1-2 tahun sekali bagi orang yang berusia 40 tahun ke atas. Tes garis Amsler yaitu upaya untuk melihat beberapa gambar yang memiliki garis vertikal maupun horizontal ketika penyakit degenerasi makula sudah bisa kita curigai. Jika dari pemeriksaan terdapat kelainan, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan pada bagian belakang mata, menggunakan alat khusus yang dinamakan oftalmoskopi. Memotret bekalang mata untuk melihat perubahan pada makula adalah cara dokter untuk melakukan pemeriksaan:

  • Optical coherence tomography
  • Optical coherence tomography dilakukan dengan menggunakan sinar khusus untuk melihat gangguan pada makula secara lebih detail.
  • Fluorescein angiography. Tes ini dilakukan dengan menyuntikkan zat pewarna khusus ke pembuluh darah, untuk melihat adanya kebocoran di pembuluh darah mata.[1]

 “dilansir dari laman Honestdocs” bahwa degenerasi makula kering, belum ada pengobatan yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Sedangkan untuk degenerasi makula pengobatan sangat penting untuk mengurangi pertumbuhan pembuluh darah yang baru sehinga dapat menghalangi mata. Ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit degenerasi makula basah dengan menggunakan obat-obatan yang disebut Lucentis, Eylea, Macugen dan Visudyne digunakan dengan Photodynamic Therapy atau PDT. Pengobatan tersebut telah terbukti memperbaiki penglihatan pada dengan jumlah besar yang mengalaminya. Perubahan pola hidup seperti mengurangi berat badan dan berhenti merokok bisa menjadi langkah awal untuk mencegah atau mengurangi perkembangan terjadinya degenerasi makula tersebut. disebutkan juga pada salah satu  penelitian, ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 , lutein dan zeaxanthin ternyata dapat melindungi fungsi mata agar degenerasi makula tidak terjadi.


[1] Sumber referensi Alodokter.com

Mengapa Kuku Saya Tidak Tumbuh?

Banyak orang menemukan bahwa mereka tidak dapat menumbuhkan kuku panjang yang sehat, ada beberapa alasan berbeda untuk ini. Anda bisa mengalami kekurangan kalsium atau zat besi. Anda bisa menyebabkan terlalu banyak kerusakan atau trauma yang membuatnya retak atau pecah. Mencuci tangan terlalu besar, benar-benar mengeringkan kulit Anda yang menyebabkan kutikula Anda menderita yang dapat mempengaruhi matriks kuku yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan kuku Anda. Dan salah satu alasan terakhir bisa jadi karena infeksi jamur yang akan membuat mereka rapuh dan membuat mereka mengelupas sehingga mereka tidak dapat tumbuh.

Ada kepercayaan umum bahwa dengan mengonsumsi Jell-O atau mengonsumsi kapsul gelatin akan membantu memperkuat dan memperkuat kuku Anda, tetapi ini tidak benar. Kuku kami terdiri dari protein murni dengan kandungan sulfur tinggi. Protein yang kita konsumsi setiap hari kemudian dipecah menjadi asam amino yang digunakan untuk membangun isi otot, organ, dan struktur keseluruhan rambut dan kuku kita. Jika kuku Anda memiliki lekukan yang dalam di tengah kuku Anda yang mirip dengan bentuk sendok, atau kuku Anda pucat dan bukan merah muda, ini semua adalah tanda-tanda kekurangan nutrisi. Coba tambahkan lebih banyak kalsium, vitamin d, dan zat besi ke dalam makanan Anda dan Anda harus melihat perubahan drastis pada kuku Anda.

Percaya atau tidak, kuku kita sangat keropos, karena ini mereka dapat menjadi mudah pecah-pecah dan tegang yang dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada matriks. Bersikaplah lembut dengan kuku Anda, oleskan lotion pelembab dan pastikan untuk memberikan kutikula Anda pijatan yang baik setiap saat. Jangan abaikan kutikula Anda, ia melindungi kuku Anda dari kotoran dan bakteri. Jika dipotong terlalu pendek atau dihilangkan sepenuhnya, ini membuat kuku Anda rentan membiarkan infeksi terbentuk yang dapat menghambat pertumbuhan kuku Anda. Karena kuku kita sangat keropos, kuku menjadi mudah pecah dan kering. Pastikan Anda tidak berlebihan pada cat kuku dan menghapus semua cat kuku setelah sekitar 5 hari atau lebih dan membiarkan kuku bernafas di antara sesi manikur dan pedikur.

Bersikap baik pada kuku Anda. Lembabkan mereka, jauhkan dari bahaya dan stres seminimal mungkin. Buat mereka puas dengan mendapatkan semua nutrisi alami yang dibutuhkan tubuh Anda dan kuku Anda akan berterima kasih dengan tumbuh sehat dan kuat!

Apa yang Anda Ketahui tentang Kuku Anda?

Hal pertama yang pertama, apakah Anda bahkan tahu apa yang terbuat dari kuku Anda? Kuku dan kuku kaki kita terbuat dari protein yang disebut keratin, yang pada dasarnya hanya sekelompok sel mati. Keratin juga ditemukan di rambut kita, secara ilmiah, kuku kita sebenarnya hanya rambut modifikasi yang cukup aneh jika Anda berhenti memikirkannya. Alasan memotong kuku dan rambut kita tidak sakit adalah karena sel-selnya mati, bulu burung dan kuku kuda juga terbuat dari keratin.

Saya yakin Anda pernah mendengar mitos tentang bagaimana kuku kita terus tumbuh bahkan setelah mati? Ya itu tidak benar. Mereka tidak bisa terus tumbuh karena mereka mati, dan sel-sel mati di mayat tidak akan membuat mereka tumbuh! Alasan mengapa mitos ini menjadi sangat populer adalah ketika kita mati, kulit di sekitar kuku kita menyusut, yang memberikan ilusi kuku yang tumbuh.

Taruhan Anda tidak tahu ini, kuku tumbuh lebih cepat daripada kuku kaki DAN kuku pria tumbuh lebih cepat daripada wanita! Tetapi pertumbuhan kuku perempuan mengalahkan laki-laki selama kehamilan, kebanyakan orang percaya bahwa perempuan mampu menumbuhkan rambut dan kuku yang begitu panjang dan indah selama kehamilan karena vitamin pra-kelahiran tetapi itu sebenarnya tidak benar. Itu semua berkat hormon.

Mengetik atau gerakan berlebihan ke ujung jari tidak selalu menjamin kuku panjang yang sehat tetapi bisa membantu mempercepatnya. Semakin banyak gerakan dan ketukan yang dibawa ke ujung jari Anda, semakin baik aliran darah, yang dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan kuku tumbuh. Tapi waspadalah! Semakin banyak gerakan dan ketukan yang Anda lakukan pada kuku Anda, semakin berisiko kerusakan dan kerusakan! Yang bisa membuat Anda mundur dua langkah lebih banyak daripada yang Anda ambil.

Terakhir, kuku tidak punya perasaan. Itu benar tidak ada ujung saraf sama sekali, sekarang saya yakin Anda duduk di sana berpikir tetapi tunggu, saya pernah merasakan sesuatu sekali atau dua kali sebelum saya bersumpah! Gantung kuku adalah yang terburuk! Dan sudahkah Anda mencoba melepaskan kuku hang Anda? Ketika saya melakukan itu, saya merasa seluruh jari saya terbakar! Kuku membentang jauh di bawah kulit kutikula, dan saraf di sekitar kutikula. Otak kita mengintergrasi sensasi kekuatan dari ujung kuku dan kutikula sebagai persepsi tekanan yang kompleks dan meningkat. Itulah sebabnya kuku kita kelihatannya seperti kuku yang tertutup ujung saraf, tetapi ternyata tidak!

5 Obat-Untuk-Bersumpah demi Menghilangkan Skin Tag

Tag kulit biasanya berupa lipatan kulit kecil dan jinak yang tampak mencolok pada permukaan kulit. Pertumbuhan ini tidak berbahaya, tentu saja, tetapi itu bisa terasa menjengkelkan bagi harga diri dan penampilan orang. Mereka muncul pada bagian di mana gesekan dan kelembaban adalah umum, seperti dekat ketiak, di leher, di kelopak mata, di bawah payudara, dan dekat alat kelamin dll. Selain itu, faktor-faktor seperti kematangan, penuaan, gesekan, ketidakseimbangan hormon, dan bahkan genetika dapat menyebabkan pertumbuhan mereka.

Tutup kecil yang tidak berbahaya ini tidak sakit sampai Anda mencoba melepasnya dengan memelintirnya. Jadi, mungkin jelas bahwa memotong atau memelintirnya akan membuat kulit Anda teriritasi dan bekas luka. Yang mengejutkan, Anda masih bisa memiliki kulit yang bening dan menghilangkannya. Bagaimana kamu melakukannya? Cukup gunakan solusi mudah ini yang dijamin akan membebaskan Anda dari belenggu tag kulit.

  • Cuka Sari Apel

Karena kemampuannya untuk membunuh bakteri berbahaya dan mengobati berbagai infeksi, cuka sari apel telah lama berada di puncak daftar produk perawatan kulit alami. Ini terkenal untuk mengobati eksem kulit, jerawat, jerawat, kemerahan, kutil, dan bahkan label kulit juga. Untuk menghapus label kulit, gunakan kompres sari apel selama 20 menit setiap hari. Selama perawatan Anda, Anda akan melihat tag menjadi gelap. Dengan aplikasi reguler, itu akan berkurang dalam beberapa hari atau minggu.

  • Minyak Pohon Teh

Anda harus memperhatikan beberapa produk jerawat menggunakan minyak pohon teh sebagai bahan utama. Itu karena sifat minyak sangat antiseptik dan anti-jamur minyak pohon teh. Oleskan 6-8 tetes minyak pohon teh pada bola kapas dan gunakan sebagai kompres pada label selama 15 menit.

  • Minyak Vitamin E

Karena vitamin sangat penting untuk kehidupan makhluk, minyak vitamin E memastikan kulit yang sehat dan dapat diterapkan pada label kulit. Oleskan minyak Vitamin E murni ke label dan tutup dengan perban. Ulangi proses ini setiap hari sampai hilang.

  • Minyak Oregano

Minyak Oregano mewarisi sifat anti-jamur dari keluarga mint miliknya. Ini menawarkan bantuan dari berbagai penyakit kulit, yang juga termasuk tag kulit. Oleskan langsung ke skin tag dan keringkan udara sebelum perban. Ulangi prosedur ini setiap hari sampai tag hilang.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki berbagai manfaat luar biasa karena mengandung asam laurat anti-mikroba, yang membunuh virus, bakteri, dan protozoa. Oleskan minyak kelapa pada tag sebelum tidur dan dalam beberapa minggu, Anda akan memiliki kulit bebas-tag.

Jika Anda bertanya-tanya, kesabaran adalah suatu kebajikan ketika Anda merawat label kulit dengan solusi alami. Jika mereka tidak membahayakan atau mengganggu Anda, Anda tidak perlu menghapusnya sama sekali. Sedangkan untuk pertumbuhan yang menyakitkan, selalu berkonsultasi dengan dokter kulit Anda sebelum merawat diri sendiri.