5 Tips Perawatan Kulit dan Kuku agar Tidak Rusak dan Kusam

Sebagai makhluk hidup, kita diwajibkan menjaga kesehatan anggota tubuh kita, tak terkecuali kulit dan kuku. Walau begitu, kebanyakan orang mengira memelihara kulit dan kuku harus dilakukan di salon. Cara merawat kulit dan kuku sebenarnya cukup gampang dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa tips perawatan kulit dan kuku yang bisa Anda lakukan di rumah!

  1. Gunakan scrub dan pelembab untuk menghilangkan kulit mati

Sempatkan waktu untuk mengoleskan scrub di area kulit yang dirasa perlu. Lakukan perlahan sembari dipijat. Jangan lupa untuk selalu menggunakan krim pelembab supaya kulit tidak terlihat kering. Pilihlah krim yang mengandung ekstrak bengkoang, minyak zaitun, ataupun madu untuk menjaga kelembapan kulitmu.

  1. Lindungilah kulit dari paparan sinar ultraviolet

Gunakan pakaian yang menutup bagian kulit pada saat terpapar sinar matahari. Pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya agar terhindar dari bahaya sinar matahari yang jahat.

  1. Potonglah kuku agar terhindar dari bakteri

Pastikan untuk memotong kuku yang mulai panjang. Kuku yang pendek memiliki kemungkinan peluang yang lebih kecil untuk menjadi sarang bakteri dan kotoran. Gunakan pemotong kuku yang berbeda dengan yang digunakan orang lain. Hal ini untuk mencegah risiko terkena infeksi mikroba.

  1. Berhati-hatilah dalam menggunakan cat kuku

Waspadalah setiap ingin menggunakan cat kuku. Anda harus tetap berhati-hati meskipun pada cat kuku yang mencantumkan label bebas toxic. Anda juga bisa mengurangi frekuensi menggunakan ataupun bergonta-ganti cat kuku. Selain itu, apabila ingin membersihkan kuku, pastikan untuk menggunakan pembersih non-aseton.

  1. Rajinlah minum air putih

Minum air putih menjadi kunci yang penting dalam perawatan kulit dan kuku. Minum air putih secara cukup setiap hari akan menjawab banyak sekali masalah kulit dan kuku Anda. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari secara teratur setiap hari.

Agar Anda dapat tampil secara sempurna, maka Anda wajib melakukan perawatan kulit dan kuku tersebut. Pastikan untuk melakukannya dengan benar. Jika menemukan masalah kulit dan kuku yang bersifat parah, segera datang untuk konsultasi kepada dokter maupun profesional di bidangnya.