Cara Jitu Menghafal Angka Romawi Dengan Mudah!

Angka romawi merupakan cara penomoran yang digunakan pertama kali pada zaman Romawi Kuno. Sistem penomoran ini menggunakan simbol berupa huruf latin, yang kemudian ditetapkan sebagai lambang angka numerik.

Gimana cara kita belajar angka romawi? Berapa angka romawi 9 ? Apakah kita harus ke negara pencipta angka romawi? Tidak tidak, kini belajar angka romawi bisa kita lakukan bersama. Karena manfaatnya sangat luar biasa, bisa Anda gunakan untuk menulis bab pada sebuah buku, penomoran pada angka jam, tanda bagi serial film, dan masih banyak lagi.

Angka Romawi ini bisa dengan mudah dihafalkan. Jangan khawatir karena sebenarnya Anda hanya perlu memahami karakter penulisannya saja. Daripada terlalu lama, langsung simak penjelasannya ya!

Penulisan Angka Romawi

Penulisan angka romawi terdiri dari dua bagian yaitu penulisan angka kecil dan penulisan angka besar. Seperti dalam tabel di bawah ini.

 

 

 

 

Kedua tabel tersebut merupakan karakter dasar penulisan angka romawi. Tabel berwarna hijau digunakan untuk menulis angka romawi kecil saja, yakni dari 1-1000. Penulisannya sama persis dengan yang ada pada tabel.

Dan tabel yang berwarna biru digunakan untuk menulis angka besar seperti 5000-1.000.000. Perbedaannya terletak pada simbol yang digunakan, biasanya untuk simbol angka besar diberi garis kecil diatas huruf latin.

Mudah sekali kan? Tekhnik untuk menulis angka romawi ada tiga bagian, yang pertama tuliskan dahulu angka desimalnya seperti 1.500, 1.999, 2.600 dan sebagainya. Kedua jabarkan angka desimal itu, seperti 1000+500. Ketiga translasaikan ke dalam Angka Romawi, misalkan 1000+500 menjadi M+D=MD.

Demikianlah penjelasan tentang Angka Romawi, bisa Anda praktikkan langsung dengan cara jitunya. Semoga bermanfaat ya!