Ciri-Ciri Terjadinya Kerusakan Pada Alternator

Diantara beberapa bagian pada genset ada sebuah komponen yang bernama alternator yakni sebuah komponen yang berguna untuk menghasilkan output listrik yang nantinya disalurkan oleh mesin. Alternator sendiri di dalamnya terdiri dari dua komponen lainnya yakni:

1. Stator

Stator merupakan kumparan kawat yang nantinya berguna untuk memotong medan magnet ketika generator sedang berputar. Secara umum stator sendiri hanya diam tidak berputar.

  1. Rotor

Jika stator adalah komponen yang diam, rotor justru sebaliknya karena dia adalah kompnen yang bergerak. setidaknya rotor bisa bergerak dengan 3 cara yakni induksi, magnet serta exciter

Cara Kerja alternator

Dalam prosesnya energi mekanik akan disalurkan pada sebuah pully yang mana akan meutarkan roda sembari menghasilkan arus listrik bolak-balik yang ada pada stator. Arus bolak-balik inilah yang nantinya akan diubah menjadi arus yang searah.

karena pentingnya fungsi dari alternator inilah maka perlu juga dilakukan perawatan yang berkala agara alternator dapat terus berfungsi dan bekerja dengan baik. Setidaknya ada beberapa ciri yang menjadi pertanda ketika alternator mengalami kerusakan.

  1. belt alternator kendor dan kurang kencang
  2. Regulator tegangan bermasalah
  3. Adanya pembengkokan pada flens pully alternator
  4. kabel alternator terkelupas atau putus
  5. Terjadi kerusakan pada baterai
  6. posisi dudukan alternator goncang
  7. rusaknya accu

Pada dasarnya perawatan alternator tidaklah susah sehingga tidak harus memanggil teknisi. Selain alternator ada beberapa komponen pendukung lainnya yang saling berkaitan dan berfungsi untuk menghasilkan energi listrik.

Oleh karena itu ketika ingin membeli sebuah genset ada beberapa poin yang harus anda perhatikan agar tidak salah pilih. karena salah memilih bisa jadi akan membuat beban perawatan meningkat. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai beban yang anda butuhkan, lalu coba cari genset yang memiliki beban lebih besar diatasnya minimal 10%.

Saat dijalankan genset membutuhkan ruang agar tetap beroperasi. Jika anda menggunakan genset yang ukurannya terlalu mepet bisa mendadak mati. logikanya beberapa mesin membutuhkan daya yang lebih besar saat pertama dinyalakan. Semisalnya sebuah pompa air yang mana pada saat pertama kali dinyalakan membutuhkan 600 watt dan selang beberapa waktu turun ke 450watt

Jika anda ingin tahu tentang dunia genset kunjungi https://www.abcpowergenset.com/ karena disana tidak hanya sekedar berbagi tentang genset saja namun juga menawarkan produk yang berkualitas.