Ingin Beli HP Bekas? Pertimbangkan Beberapa Hal Berikut Ini Agar Tidak Menyesal!

Membeli HP bekas tidak selalu menjadi pilihan yang buruk untuk dipilih, tentunya selama kamu paham terhadap beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Meskipun merupakan bekas penggunaan dari pengguna sebelumnya, tidak semua HP bekas memiliki kualitas yang jelek, lho! Ada banyak HP bekas yang masih memiliki kualitas baik.

Tentu saja ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki budget terbatas atau untuk sekadar berhemat untuk kebutuhan membeli ponsel. Nah, agar kamu tidak salah dalam memilih smartphone bekas lalu menyesal kemudian hari, untuk itu kami akan memberikan rangkuman dari web teknolagi terkait beberapa hal yang perlu kamu cek sebelum memutuskan untuk membeli hp bekas tersebut.

  1. Lakukan Pengecekan IMEI

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pemerintah Indonesia telah menerapkan aturan yang mewajibkan setiap smartphone yang beredar di pasaran untuk memiliki IMEI yang terdaftar agar dapat terkoneksi pada jaringan. Hal ini untuk mengurangi penyebaran HP blackmarket yang tidak terdaftar dengan tujuan menghindari biaya pajak.

Oleh karena itu, hal pertama yang perlu kamu pastikan saat membeli HP adalah lakukan pengecekan IMEI melalui website resmi kementrian perindustrian melalui halaman kemenperin.go.id/imei untuk memastikan bahwa HP tersebut telah terdafar dan bukan HP black market.

  1. Cek Fisik HP

Tentu saja karena HP yang akan kamu beli bukanlah barang baru, tentu pemeriksaan fisik HP merupakan hal yang cukup penting untuk memastikan kondisi dari HP tersebut. Kamu bisa melakukan pengecekan apakah terdapat kecacatan pada fisik HP agar kamu tidak menyesal kemudian.

  1. Cek Fungsional HP

Selanjutnya, setelah melakukan pemeriksaan fisik, kamu wajib untuk mencoba segala fungsional dari HP tersebut, meliputi sensor, fitur-fitur seperti kamera, audio dan lain-lain. Untuk memudahkan pengecekan sensor dan layar, kamu dapat mengunduh salah satu aplikasi pengecekan yang banyak tersedia di Google Play Store atau App Store. Pastikan bahwa fitur-fitur yang ada di hp tersebut dapat berjalan dengan normal.

Sebelum memutuskan untuk membeli HP tersebut, pastikan kamu telah melakukan pengecekan tiga hal penting di atas. Jangan terburu-buru untuk langsung melakukan deal pembelian. Selain tiga hal di atas, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan kepada penjual, seperti apakah hp pernah diservice, terendam air, atau pun beberapa kondisi memungkinkan lainnya. Sehingga jika hp telah dibeli, maka kamu telah mengetahui segala risiko terhadap kondisi HP tersebut.